Sabtu, 09 April 2011

TENTANG LOMBOK

 Semua orang tahu tentang Bali…. “Pulau Dewata”, terkenal di seluruh dunia sebagai surga tropis dengan budaya yang mempesona dan unik. Beberapa orang, bahkan, mengenal pulau terdekat dari pulau Bali yakni Lombok, yang terletak hanya 25 menit menyeberangi laut ke timur. Walaupun sering dinaungi oleh keglamoran saudara tuanya, Pulau Lombok menyesuaikan diri dengan perannya sebagai saudara kecil yang pemalu dan cantik.
Di sinilah tercipta kemajuan yang tidak terburu-buru dengan atmosfer yang tenang. Pantai-pantainya tidak ramai dan area turis tidak dirusak dengan keramaian yang ada. Walaupun pulau tersebut memiliki infrastruktur yang bagus, wisata berkembang baru dimulai pada tahun 90an dan merupakan perkembangan yang pelan namun teratur ketimbang berkembang dengan luas dan cemerlang. Meskipun demikian hal tersebut bukan berarti bahwa pelancong harus tinggal di gubuk kecil di pantai, meskipun mereka bersedia untuk menikmati liburan suasana pedesaan seperti itu. Pusat turis utama yang dimiliki Senggigi yakni menyediakan berbagai macam akomodasi seputar biaya hotel dan penginapan, sampai pilihan bertaraf dunia.
Sheraton Senggigi Resort bintang lima berlokasi di tepi Pantai Senggigi, dengan pemandangan yang menarik menyeberangi laut ke Bali. Di tepi pantai yang lain dari teluk ini terdapat Senggigi Beach Hotel yang besar, dengan kemewahannya “hotel di dalam hotel”, Pool Villa Club. Santosa Villas and Resort, di tengah-tengahnya, baru-baru ini mengalami renovasi utama dan sekarang menjadi aset menarik paling dekat dengan pantai. Beberapa hotel kecil di area tersebut menawarkan kenyamanan dan fasilitas yang sesuai dengan kantong. Akomodasi di Pulau Gili yang terkenal juga berkisar dari harga kelas atas sampai kelas terbawah, dengan pemasaran Vila Ombak dan Ko Ko Mo Resort di Gili Trawangan menentukan standar untuk tempat bersantai yang mewah. Oberoi Resort yang mewah di tepi pantai sebelah utara dan Novotel Lombok Resort di tepi pantai sebelah selatan, merupakan tempat-tempat penginapan sempurna yang akan sesuai untuk pelancong yang menginginkan perbedaan.
Untuk pelancong yang mempunyai selera yang lebih sederhana, Lombok menawarkan pilihan yang bagus, yang umumnya lebih murah dari pada Bali. Dengan ukuran sekitar 5.300 sq km, Lombok hanya sedikit lebih kecil dari pada Bali dan memiliki daya tarik yang luas dan cocok untuk aktivitas semua tipe pelancong. Dengan garis pantai yang luas, merupakan kesempatan untuk olah raga air seperti berenang, snorkelling, diving, surving dan memancing. Pulau ini memiliki dua lapangan golf berstandar internasional, yakni di pusat pulau dengan pemandangan pegunungan dan yang satu lagi di sebelah utara dari pulau ini, terletak di tepi teluk yang indah.
Dalam hal kebudayaan, Lombok memiliki budaya yang kaya dan berbeda, yang menggabungkan tradisi dari penduduk Sasak pribumi dengan suku Bali yang beragama Hindu dan suku Arab juga mempengaruhi walaupun bukan merupakan mayoritas. Kehidupan pedesaan yang sederhana dan berlandaskan pendapatan andalan dari pertanian dan produksi kerajinan tangan tradisional. Orang Sasak sangat ramah dan relatif tidak terpengaruh oleh turis, dengan keramah-tamahan tradisi yang hangat kepada pengunjung sehingga menjadikan penjelajahan sebagai bagian yang berbeda dari pulau ini menjadi petualangan yang berharga.
Sebelah barat dari pulau ini merupakan tanah yang hijau dan subur, dengan serangkaian teluk yang berbaris cantik di pinggir pantai sepanjang jalan dari Senggigi ke Bangsal. Pantai sebelah barat menghadap Bali menyeberangi Selat Lombok, dan memiliki sunset yang menakjubkan dengan gunung berapi yang suci, yaitu Gunung Agung di Bali, terlihat seperti bayangan hitam bersandar di langit sore. Senggigi, di pantai sebelah barat, merupakan area pilihan utama untuk turis yang berlokasi kira-kira 20 menit perjalanan dari Bandara Selaparang Lombok. Yang disuguhkan di sini adalah suasana santai, dengan aktivitas berpusat di sekeliling pantai, makan malam dan tamasya siang hari ke tempat-tempat yang menarik, yang semuanya dapat diperoleh hanya dengan perjalanan beberapa jam dari pusat kota.
Bagian utara dari pulau ini didominasi oleh pegunungan dengan tiga belas puncak, yang bermahkotakan gunung berapi yang sangat indah, yaitu Gunung Rinjani. Area sekeliling gunung berapi adalah taman nasional pilihan yang menawarkan kesempatan besar untuk pendakian dan menjelajahi perkampungan kecil di kaki gunung. Gunung Rinjani dikenal secara internasional merupakan tujuan turis kelas dunia, dan menarik ratusan pendaki dan pendaki handal dari penjuru dunia ke Lombok setiap tahun. Untuk kelanjutan pulau, pulau ini mempertahankan keindahan alamnya dan, tidak mengizinkan adanya penebangan, flora dan fauna yang unik di daerah tersebut juga dilindungi.
Lereng di sebelah selatan pegunungan Rinjani, begitu juga dengan Taman Nasional Rinjani dan daerah Sembalun di sebelah utara, merupakan hutan mahoni dan kayu, diselingi dengan tanaman hutan. Daerah hutan & rimba mudah diakses untuk pendakian dan penjelajahan; dan air terjun, sungai-sungai, bukit-bukit dan gunung-gunung menyediakan kesempatan yang besar untuk pariwisata perekonomian. Penerbangan internasional tersedia tujuan Lombok dan Singapura, dengan 2 jam penerbangan yang nyaman dioperasikan oleh Silk Air, dan Merpati Airlines mengoperasikan penerbangan Malaysia - Lombok dengan transit di Surabaya.  Lombok dapat dengan mudah dicapai dari Bali, dengan penerbangan yang murah tersedia dari agen perjalanan lokal dan bandara domestik Bali.
Sejumlah penerbangan tujuan Lombok, Bali dan ibu kota yang lain tersedia setiap hari dan lama penerbangan dari Bali hanya 25 menit. Pelayanan kapal cepat juga beroperasi tujuan Bali dan Lombok setiap hari. Kapal laut umum tujuan Pelabuhan Padangbai di sebelah timur Bali dan Pelabuhan Lembar di sebelah baratdaya Lombok, dengan keberangkatan setiap dua jam, 24 jam sehari. Lombok, dengan pantai-pantainya yang menarik, tenang dan pemandangan alam yang tidak tercemar merupakan tujuan yang ideal untuk orang-orang yang mencari ketenangan dan kedamaian dari pulau tropis sebagai tempat beristirahat. Datang dan temukan keajaiban dari pulau Lombok untuk anda sendiri......seperti halnya orang-orang lainnya, anda akan terpikat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar